Bersama Mereka · Indonesia Mengajar

Selamat Hari Guru

Hari ini adalah jadwal pelajaran PJOK kelas 5 & kelas 6. Hari ini juga bertepatan Hari Guru Nasional. Sebagai guru magang satu tahun alias Pengajar Muda, aku merasa bahagia sekaligus bangga. Tahun ini, saya menjadi bagian di dalamnya.

Anak-anak, sekarang tanggal berapa?” tanya saya ke anak-anak sebagai pembuka pelajaran.

Tanggal 25, Pak..” jawab mereka kompak.

Tanggal 25 November diperingati hari apa ya?” tanya saya lagi.

Seperti biasa, jawaban mereka sesuai ekspektasi saya, ngawur dan ajaib.

Hari Rabu, Pak Andik.” masih jawab mereka kompak.

Iya, betul. Pak juga tahu kalau sekarang hari Rabu. Yang Pak tanyakan, hari ini, tanggal 25 November, diperingati hari apa?

Mereka pun berbisik-bisik dengan teman yang duduk di samping kanan kirinya.

Hari Ibu, Pak.” jawab Jumawan lantang.

Salah. Itu tanggal 22 Desember.” koreksi saya

Kalau begitu, Hari Kesehatan Gigi Nasional.” jawabnya lagi.

Bukan. Masak kalian takun sani?” jawab saya singkat tanpa koreksi karena tidak tahu Hari Kesehatan Gigi Nasional jatuh di tanggal berapa.

Ikbal, anak saya yang selalu mengacaukan kelas menjawab,

Hari Gigi Karet Nasional, Pak” jawabnya.

Ngawur kamu, Bal. Jadi, hari ini adalah hari yang spesial untuk Bu Kendang, Bu …” belum selesai saya menjelaskan, Wir memotong,

Hari ulang tahunnya Bu Kendang…” potong Wir.

Yeyyyyy… yeyyyy.” teriak anak-anak gembira.

Bukan. Tunggu Pak Andik selesai bicara, baru dijawab. Hari ini merupakan hari yang spesial untuk Bu Kendang, Bu Eli, Pak Ma’ruf, Pak Sin, Bu Rossa, Bu Fatma, juga Pak Andik. Hayoo, hari apa berarti?” tanya saya lagi.

Saya tahu, Pak. Hari ulang tahun sekolah torang!” jawab Maman.

Oh, anak-anak! Antara ingin tertawa dan dongkol mendengar jawaban mereka. Ya, namanya juga anak-anak. Saya sudah bisa memakluminya 🙂

Bukan, anak-anak. Ini hari spesial untuk semua guru di Indonesia.” ujar saya memberikan clue terakhir.

Oooo… Hari Guru Nasional, Pak!” jawab Inal.

Alhmdulillahh,, akhirnya ada yang bisa menebak dengan benar setelah beberapa jawaban ngawur mereka yang membuat pagi saya bahagia.

Benar, Inal. Tanggal 25 November itu diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Diingat-ingat ya!” jawab saya dengan senyuman bahagia.

Kemudian mereka saya minta untuk membuat gambar atau surat sebagai ucapan Hari Guru Nasional. Inilah beberapa karya mereka.

Fikri

20151125_100053-01

20151125_100108-01

20151125_100232-01

?????????????

Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guru hebat di Indonesia! I am proud to be a teacher.

Leave a Reply

