Bersama Mereka · Indonesia Mengajar

Sabtu Padang Ceria

image
Nonton Bareng Film Serdadu Kumbang

Di Dusun Padang, malam minggu kemarin sedikit berbeda dari malam-malam sebelumnya. Tampak kerumunan anak-anak dan orang tua yang duduk di terpal memandang layar buatan dari bekas spanduk. Malam itu ada acara Sabtu Padang Ceria.

*****
“Babuat acara yok. Nonton film bareng.” ujar saya saat mengobrol santai dengan beberapa pemuda dusun.

“Sepertinya seru, Pak!” jawab salah satu dari mereka.

Kami pun langsung membicarakan konsep acara nonton film bareng. Dan acara itu dinamakan Sabtu Padang Ceria.

*****
Sabtu Padang Ceria (SPC) merupakan acara hiburan edukatif yang dibuat oleh pemuda Dusun Padang, Desa Sinorang. Tujuannya sederhana, mengedukasi masyarakat dengan menyenangkan. Selain itu, SPC digunakan sebagai ajang melatih mental anak-anak. Konsep SPC adalah nonton bersama (layar tancep) film edukasi dan mendiskusikan film tersebut (orang tua & anak-anak). Sebelumnya, anak-anak akan menampilkan karya seni pertunjukan.

Edisi pertama SPC kemarin berlangsung lancar. Acara dibuka dengan penampilan Tim Qasidah Anak-anak Dusun Padang. Mereka adalah anak-anak saya. Tim Qasidah ini diasuh oleh salah satu Ustadzah, relawan pengajar TPA Simba’a Raya. Proud of them!

image
Tim Qasidah Anak-anak Dusun Padang

Acara dilanjutkan menonton film. Film Serdadu Kumbang menjadi pilihan saya untuk SPC edisi pertama. Film ini pas sekali untuk kondisi dusun saya saat ini.

Menyenangkan itu adalah ketika saat adegan-adegan Serdadu Kumbang yang tengah ditonton menjadi bahan orang tua berkomunikasi (red: memberikan nasehat) kepada anaknya.

“Thu, makanya kamu belajar yang rajin. Kalau tidak belajar, kalau sudah tua, seperti itu.” ujar salah satu orang tua yang di dekat saya.

“Amek saja yang tidak sempurna punya cita-cita. Kamu  juga harus punya.” lanjutnya saat ganti adegan.

Begitu film selesai, diskusi ringan saya pimpin. Saya coba memfasilitasi diskusi antara orang tua dan anak-anak. Interaksi sederhana ini sangat menyenangkan bagi saya.

*****
Sabtu Padang Ceria merupakan acara yang diadakan tanpa mengeluarkan uang. Semua berpartisipasi iuran untuk mendukung acara ini. Ada yang meminjamkan speaker-nya, ada yang meminjamkan terpalnya, ada yang menyumbangkan aliran listriknya, ada yang menyumbangkan pisang sebagai camilan, dan lain-lain.

Dampak dari acara ini (mungkin) tidak langsung terlihat nyata. Tetapi saya percaya, kalau rutin diadakan, akan  menumbuhkan interaksi positif orang tua dan anak-anak. Selain itu, karakter positif anak juga bisa dibangun dengan cara yang menyenangkan.

Itulah salah satu cara pemuda di Dusun Padang berkontribusi untuk iuran publik di dunia pendidikan. Tidak besar tapi (Insya Allah) bermanfaat.

*Sinorang, 25 Oktober 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s