Quote

Jangan Simpan Uangmu!

image
Source : FB Beasiswa Gratis

Kalian yang masih muda, jangan tabung uangmu!!

Masih ingat peribahasa ini:

Muda berupaya, tua kaya raya
Muda menabung, tua beruntung

Hemat pangkal kaya

dan lain-lain

*——-*

Bisa jadi peribahasa di atas sedikit kurang relevan saat ini. Khususnya bagi kalian para pemuda. Menabung hanya menumpuk uang sedikit demi sedikit dan membuatmu fokus untuk selalu menambah jumlahnya. Uang simpanan yang kamu kumpulkan mulai usia 20an tidak akan banyak. Daripada kamu berusaha mengumpulkan sedikit demi sedikit rupiah dari uang sakumu atau dari penghasilan sampinganmu, gunakanlah semuanya!! – namun, tetap sisakan untuk keadaan darurat, jangan lupa asuransikan kesehatan dirimu  –

Bacaan ini sekilas terlihat untuk mengajak para pembaca untuk boros dan melupakan budaya menabung. Menabung tidak dilarang, asalkan itu akan mengembangkan dirimu. Alih-alih dengan dalih menabung, hingga kamu lupa atau tidak sempat mengembangkan diri karena lebih sayang uang daripada berinvestasi dalam meningkatkan kemampuan.

Lebih baik kamu menghabiskan uangmu untuk membeli buku, berjalan-jalan, mempelajari sesuatu melalui kursus atau mengorbankan uang untuk membeli pulsa modem demi mengikuti tutorial di youtube. Tentu saja jika tidak mampu membeli hal-hal tersebut secara langsung, kamu tetap diharuskan menabung -menabung dalam artian tidak menimbun uang dalam jangka waktu lama-, ketika uangmu cukup untuk membeli sesuatu yang mampu mengembangkan dirimu. Belanjakanlah uang itu.

Dari semua jenis tabungan dan investasi, yang paling baik bagi para pemuda adalah menginvestasikan segala yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan. Ingat, masa muda hanya sekali. Ini adalah masa di mana kamu akan menghadapi masa depan. Masa depan tidak cukup dihadapi dengan uang saja. Kembangkanlah dirimu, perdalam kemampuan yang kamu miliki atau miliki kemampuan baru. Entah itu kemampuan pemrograman, kemampuan desain, public speaking, bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Gunakan uangmu untuk menembus batas daerah domisilimu. Sesekali singgahlah beberapa lama di suatu tempat yang asing bagimu. Di sana kamu akan belajar bertahan, belajar hal baru, dan menambah nilai dirimu. Jangan terlalu sayang dengan uangmu. Percayalah, dengan semua yang kamu habiskan dengan uangmu dalam hal positif, semua akan terbayar pada saatnya. Uang yang kamu habiskan saat ini untuk meningkatkan nilai dirimu akan kembali, bahkan lebih banyak.

*Copy paste from FB Beasiswa Gratis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s