Indonesia Mengajar · Inside Out

Under Grassroots

Dulu saya termasuk orang yang melihat penampilan. Setidaknya dari segi pakaian. Kalau sedang liburan di rumah, paling anti keluar kalau tidak mandi terlebih dahulu. Sepanjang hari akan tetap di rumah. Sarapan titip sama kakak atau minta tolong sepupu untuk beliin. Intinya, keluar rumah harus oke, minimal wangi. Itu dulu, kawan.

Sekarang??

Sejak berada di Sinorang, saya sedikit demi sedikit sudah melupakan gaya lama saya, peduli akan penampilan. Terkikis sudah. Istilah yang dipakai oleh kalangan Pengajar Muda adalah grassroots. Yang kurang lebih artinya mengikuti gaya warga desa penempatan.

Dulu pergi ke kota harus memakai baju yang memang pantas, sekarang sudah bodoh amat. Kalau saya pergi ke Kabupaten, seringnya hanya memakai celana training, kaos oblong dan sandal jepit. Itu sudah nyaman sekali.

Dulu keluar rumah harus mandi, sekarang saat liburan, cuci muka saja cukup dan langsung pergi ke bajo (pantai) bersama anak-anak.

Dulu pergi ke pasar, ritualnya adalah mandi, pilih baju, semprot parfum, berangkat. Sekarang? Cukup cuci muka, sikat gigi, pakai baju yang ada di gantungan (sering pake sarung), berangkat.

Kemudian salah satu teman sepenempatan berkelakar,
“Sepertinya, kamu bukan lagi grassroots melainkan sudah under grassroots.”

Faktanya adalah orang Sinorang sudah peduli dengan penampilan. Jika pergi ke Kabupaten mereka memilih pakaian yang terbaik dan parfum terwangi. Begitu juga saat ada pesta. Bak perlombaan busana terbaik.

Under grassroots? Mungkin. Tak apalah. Yang penting saya menikmatinya. 😀

*Sinorang, 6 April 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s