Indonesia Mengajar

Kelas Inspirasi Banggai Laut 2015 – Bangun Cita-Cita Anak Bangsa

Kelas Inspirasi, Think Big, Start Small, Act Now!!! -Anies Baswedan

Setelah sukses dengan Kelas Inspirasi Banggai 2014 lalu, tahun ini penggerak lokal Banggai berkolaborasi dengan pemuda-pemuda penggerak Banggai Laut, menginisiasi  penyelenggaraan perdana Kelas Inspirasi (KI) Banggai Laut. Mengusung tema “Bangun Cita-Cita Anak Bangsa”, Hari Inspirasi berlangsung Senin, 9 Februari 2015, dan dilaksanakan serentak di enam Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Banggai Laut, yaitu SDN 2 Inpres Matanga, SDN Bone Baru, SDN Lokotoy, SDN Monsongan, SDN Pasir Putih, dan SDN Popisi.

Sebanyak  28 Inspirator  yang terdiri dari 22 orang Pengajar dan 6 orang Fotografer  turun ke SD selama sehari, membagikan cerita profesinya, serta membangkitkan motivasi anak-anak Banggai Laut untuk berani memiliki dan meraih cita-cita. Para Inspirator ini berasal dari berbagai daerah, antara lain Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Palu, juga Luwuk. Profesi mereka juga beragam, mulai dari dosen, statistisi, staf pajak, engineer, dokter, bidan, MC, arsitek, fotografer,  marketing manager, hingga manajer di salah satu bank asing. Mereka adalah para pendaftar yang lolos seleksi dari total 105 pendaftar  di situs www.kelasinspirasi.org.

Adapun kegiatan yang diikuti para Inspirator bukan hanya mengajar. Sehari sebelumnya, mereka mengikuti  briefing bersama Pengajar Muda Banggai di BPU Kantor Camat Banggai. Di sini, mereka saling berkenalan, menerima materi metode belajar kreatif dan mempersiapkan diri untuk mengajar. Inspirator dan Fotografer dibagi ke dalam enam kelompok. Seusai  briefing, mereka berpencar ke enam desa yang berbeda.

Setibanya di desa penempatan, mereka menginap di rumah warga. Inilah yang membedakan KI Banggai Laut dengan Kelas Inspirasi di kota-kota lain. Dengan menginap di rumah warga, para Inspirator juga mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan warga lokal, lengkap dengan kebudayaan dan keramahannya.

Di Hari Inspirasi, para Inspirator mengajar dengan berbagai metode kreatif yang menyenangkan. Sebagai penutup, setiap kelompok Inspirator mengadakan kegiatan simbolis kreatif. Kelompok Inspirator di SDN Pasir Putih dan SDN Popisi mengajak anak-anak membuat Pelangi Cita-Cita. Di SDN 2 Inpres Matanga ada  Kapal Impian, di SDN Bone Baru dan SDN Monsongan ada Pohon Cita-Cita. Terakhir anak-anak SDN Lokotoy membuat  Pesawat Impian.

image

Sepanjang  penyelenggaraan  acara, Pj.  Bupati  Banggai  Laut,  Hidayat Lamakarate,  begitu  ramah  menjamu para  Inspirator.  “Saya  sangat  senang dengan  adanya  acara  ini  dan  tentunya saya  dukung  100%.  Anak  Banggai  Laut juga  punya  cita-cita  dan  harapan  besar untuk  hidup  mereka  kelak,”  tuturnya. Dukungan  penuh  pemerintah Kabupaten  Banggai  Laut  terwujud dalam  bantuan  akomodasi  dan  transportasi  untuk  seluruh  Inspirator  dan panitia  lokal  selama  di  Banggai  Laut.

image

Keunikan rangkaian acara KI Banggai Laut, ditambah dukungan penuh dari pemerintah, serta keterbukaan masyarakat setempat, menjadikan ini pengalaman tersendiri bagi para Inspirator.  “Kelas Inspirasi adalah kegiatan inspiratif bukan hanya bagi anak-anak tapi juga bagi kami yang diberi kesempatan untuk mengajar. Saya akan mendorong rekan-rekan saya untuk mau terlibat dalam kegiatan ini,”  ujar Maida, Inspirator yang bekerja sebagai  Head of People Development di salah satu perusahaan  finance  terkemuka di Indonesia.

Selain menginspirasi siswa-siswi SD, penyelenggaraan Kelas Inspirasi juga menjejaringkan para Inspirator, sehingga ke depannya diharapkan muncul inisiasiinisiasi baru dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Karena tujuan yang besar dapat tercapai dari langkah-langkah kecil yang dimulai hari ini.

*Tulisan ini juga diterbitkan di Buletin Lentera Banggai Edisi 1 tahun 2015

Sumber foto: Fotografer KI Balut 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s