Inside Out

Sore Dikala Hujan

Tidak terasa sudah purnama kedua saya mengemban amanah menjadi Pengajar Muda di desa Sinorang, Banggai. Banyak kejutan yang saya dapatkan selama di sini, baik kejutan yang menyenangkan maupun kejutan yang menyebalkan. Hehe 😀

Di purnama kedua ini saya menemukan hobi baru, yakni memasak dengan anak-anak. Tidak perlu memasak sesuatu yang mewah. Membuat puding bersama-pun menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Saat mamak menginap di Kampung Baru dan saya ditinggal sendiri, anak-anak datang menemaniku. Kita memasak steak tempe. Anak-anakku begitu senang karena mereka pertama kali makan steak. Yeeyy!! Kemudian empat orang menginap di rumah.

Tiba-tiba saya kangen rumah. Ibuku suka membuat kolak kacang hijau saat saya di rumah. Untuk mengobati rasa kangen, saya membuatnya setelah pulang sekolah kemarin. Tentunya bersama anak-anakku. Proses memasak ini selalu menyenangkan. Celotehan mereka menghiasi dapurku. Hal ini yang tidak saya temukan disaat masak sendiri.

Hujan turun saat saya masih mengaduk adonan santan, kacang hijau dan gula yang kami masak. Ahh, sepertinya hujan-hujan bersama anak-anak akan menyenangkan.

Setelah matang, saya langsung mengajak mereka untuk bermain di tengah tetesan air pemberian Tuhan ini. Kami bermain bola di halaman sekolah. Kami begitu menikmatinya. Waktu seperti berputar ke waktu saya kecil. Menyenangkan!!!

Melihat senyum lepas dari bibir anak-anakku membuat saya semakin cinta dengan mereka. Senyum yang apa adanya, senyum yang penuh dengan kebahagiaan hidup.
Saya tersenyum disaat mengingat perbuatan mereka di kelas. Ahh, andai saja mereka juga begitu manis di kelas. Tentu saya tidak perlu terlalu pusing mengajar mereka. Hahahaa 😀 Itulah tantangannya. Membuat mereka nyaman di kelas layaknya nyaman saat bermain. Semoga!!

Setelah hujan-hujan, kami menikmati kolak kacang hijau yang masih hangat. Nikmatnya berkali-kali lipat.

Sore di kala hujan, saya menikmatinya.

*Ditulis di pinggir Bajo saat menemani anak-anak mandi di laut.

Leave a Reply

