Indonesia Mengajar · Sok Pinter

Kekuatan Mimpi

Mimpi adalah kunci untuk kita menakhlukkan dunia ~ Nidji

Itulah sepenggal lirik dari lagu “Laskar Pelangi” milik salah satu band Indonesia yang terkenal, Nidji. Lagu yang menjadi original soundtrack film dengan judul yang sama, Laskar Pelangi, ini menjadi sebuah suntikan semangat bagi orang yang mendengarkannya.

Mimpi. Ya, satu kata yang menurut saya penuh dengan semangat didalamnya. Mimpi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga artinya adalah apa yang kelihatan atau dialami di angan-angan pada ketika tidur. Tetapi mimpi disini saya artikan sebagai cita-cita / harapan dimasa depan.

Berbicara tentang mimpi, hari ini saya berbagi tentang kekuatan mimpi dan sosialisai Beastudi Etos kepada siswa/i Madrasah Aliyah Sinorang, Kab. Banggai, Sulteng. Saya memberikan motivasi kepada mereka untuk tidak takut bermimpi. Meskipun mereka berada di daerah yang jauh dari kota, tapi janganlah menjadi penghambat mimpi tersebut.

Kebanyakan dari mereka masih berpikir, “Ahh, saya kan anak orang miskin, mana mungkin”, “Ahh, saya kan sekolah di desa, mana mungkin”, dan pikiran-pikiran negatif lainnya. Jangankan mereka, siswa di kotapun banyak yang berpikiran setipe. Bahkan, saya juga masih melakukannya 😦 Seharusnya kita bisa membuang semua keyakinan / pikiran negatif. Karena kita dilahirkan sebagai Pemenang bukan Pecundang.

Lalu bagaimana mengatasinya? Pertama, motivasilah diri kita untuk terus melakukan yang terbaik. Karena motivator nomer satu adalah diri kita sendiri. Percuma kita sering hadir di acara motivasi dengan motivator hebat kalau memang diri sendiri tidak ingin termotivasi.

Kedua, bersyukur. Insya Allah dengan kita pandai bersyukur kita akan jauh lebih bisa melihat semua nikmat dan membuang pikiran-pikiran negatif yang muncul. Saya pribadi masih belajar akan hal satu ini.

Ketiga adalah sadari bahwa setiap apa yang kita lakukan adalah pilihan. Life is choice. Hal yang gampang saja, setiap pagi, kita mau bangun atau tidak adalah pilihan. Kita mau mandi atau tidak, itu juga pilihan. Begitu juga, kita mau jadi orang sukses atau biasa-biasa saja, itu juga pilihan. Siapa penentunya? Ya, diri sendiri. Tapi jangan lupa bahwa di setiap pilihan yang kita ambil, akan ada resiko masing-masing. Bertanggung jawablah dengan pilihan dan resiko yang kita ambil.

Meminjam kalimat dari Pak Hikmat Hardono, “Percayalah, cita-cita adalah hiburan terbaik membuang pedih peri”, selayaknya mimpi / cita-cita harus tetap menyala di diri kita. Karena menurut saya, orang tanpa cita-cita bagai orang yang putus asa dalam hidupnya.

MIMPI, USAHA DAN DOA. Itulah tiga hal utama yang saya bagikan kepada mereka. Sesuatu yang kecil, sesuatu yang tak bernilai dengan uang tetapi semoga bermanfaat untuk mereka. Semoga mereka mempunyai mimpi yang terus menyala, terus diperjuangkan dan terus disebut dalam doa mereka. Aamin ya rabbal alamin.

image

Bermimpilah, dan Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi tersebut ~ Ikal, Sang Pemimpi

Advertisements

One thought on “Kekuatan Mimpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s