Bersama Mereka · Indonesia Mengajar

Selamat Tahun Baru 2015 Dari Sinorang

Detik ini mungkin WIB sedang menunggu pergantian akhir tahun. Tapi saya yang tengah berada di daerah WITA, sudah merayakan pergantian akhir tahun satu jam yang lalu.

Malam tahun baru di 2015 ini berbeda dengan malam tahun baru di tahun sebelumnya. Saya menghabiskan malam ini dengan anak-anak Sinorang. Kami berkumpul bersama di depan rumah host fam saya. Kebetulan saya dan Kak Tiwi (PM VII) sudah membeli kembang api. *sebenarnya saya tidak setuju dengan kembang api, tapi berhubung sudah janji, ya sudahlah*

Oh ya, sebelumnya saya dan Kak Tiwi diundang untuk datang ke Balai Desa yang juga melakukan acara untuk menyambut pergantian tahun ini. Kami datang untuk memenuhi undangan tersebut. Tapi kami hanya ikut di pembukaan saja, karena sudah ada agenda  bersama anak-anak. Kalau sampai selesai, bisa jam 3 pagi baru  kembali ke rumah. Orang sini sangat terkenal dengan tari Badero-nya sampai pagi. Lain kali saya akan bercerita tentang Badero ini.

Begitu sampai rumah, anak-anak sudah membuat api unggun. Kami duduk berputar di bale-bale. Kak Tiwi membuka acara dengan refleksi tentang cita-cita mereka di tahun 2014. Jawaban mereka, lupa!! Namanya anak-anak. Harap maklum 🙂

Acara selanjutnya, saya menyuruh mereka untuk menulis mimpi mereka di tahun 2015 di post it dan akan menaruhnya di botol, yang kemudian saya kubur. Satu tahun ke depan, akan kita buka bersama-sama. Istilahnya sie surat kaleng. Anak-anak bingung mau menulis apa. Setelah saya jelaskan mereka lancar menulis.

20150101_001649

Setelah semua selesai, saya minta mereka untuk bercerita tentang mimpi mereka. Tapi mereka mea (bahasa Ta, yang artinya malu). Mereka tidak bisa dipaksa, sekali dipaksa, ngomongnya kemana-mana. 🙂

Saya juga menulis mimpi di tahun 2015. Saya akan bagi di blog ini:

1. Saya ingin dekat dengan anak-anak Sinorang

2. Saya ingin melihat anak kelas 6 lulus semua dengan jujur

3. Saya ingin dekat dengan masyarakat Sinorang

4. Saya ingin bisa menyelesaikan amanah IM dengan maksimal

5. Saya ingin ketika saya pulang, ada perasaaan kehilangan, karena sudah menjadi sebuah keluarga

6. Saya ingin saya dan keluarga sehat semua

Itulah mimpi saya di tahun 2015. Semoga bisa tercapai di akhir tahun yakk. Aamin ya rabbal alamin.

Penutup, kami berdoa bersama semoga mimpi kami bisa tercapai. Dan kami menyalakan kembang api meskipun tidak semeriah Jakarta. Tapi, kami senang!!

Welcome 2015!!

Leave a Reply

