Indonesia Mengajar · Inside Out

Indonesia, Kami Cinta Padamu

Karpet merah tergelar di lantai ruangan saat itu. Bendera Merah Putih juga berkibar begitu gagahnya. Ruangan itu seakan-akan mewakili betapa kokohnya semangat Indonesia. 52 pemuda pemudi Indonesia yang telah dinobatkan sebagai Pengajar Muda Angkatan IX memasuki ruangan tersebut. Aura semangat semakin membuncah.

Tanggal 20 Desember 2014 adalah hari dimana kami dilepas oleh Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Pelepasan tersebut sebagai tanda bahwa kami telah siap mengabdi untuk Indonesia. Kami siap untuk turut ambil bagian dari solusi masalah pendidikan di Indonesia. Kami siap belajar & mengajar. Kami siap mencintai Indonesia dengan tulus.

Begitu lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dikumandangkan, hati saya tidak bisa berbohong. Saat itu, ada rasa yang haru dan bangga menyanyikannya. Indonesia, saya bangga kepadamu.

Lagu “Bagimu Negeri” adalah lagu yang dilantunkan selanjutnya sebagai tanda bahwa kami cinta Indonesia. Dulu, menyanyikan lagu ini sepertinya biasa saja. Tapi malam itu beda. Ada rasa dimana saya bangga bercampur sedih, merefleksikan apa yang telah saya lakukan untuk tanah air Indonesia.

Padamu negeri, kami berjanji
Padamu negeri, kami berbakti
Padamu negeri, kami mengabdi
Bagimu negeri, jiwa raga Kami

Janji-janji kami kepada Indonesia kami teriakkan dalam hati malam itu. Memang, janji tersebut yang mendengar hanya pribadi masing-masing dan Tuhan. Tapi saya percaya, janji tersebut akan Kami tepati. Aamin ya rabbal alamin.

Direktur Yayasan GIM, Pak Hikmat berpesan saat melepas kami. Ada tiga hal yang diberikan, kotak cita-cita, bangku kegelisahan dan obor semangat.
Pertama, taruhlah mimpi di kotak cita-cita, baik itu mimpi pribadi maupun mimpi bersama. Kemudian, titipkan kepada bintang.
Kedua, apabila kelak selama masa penugasan, kami menemukan kegelisahan, duduklah di bangku kegelisahan. Harapannya, kita menemukan solusi dari kegelisahan tersebut.
Ketiga, apabila kelak semangat kita meredup, nyalakanlah obor semangat dengan mengingat semua kotak cita-cita yang telah kami titipkan kepada bintang.

Kami resmi dilepas dan kami siap mengabdi.
Indonesia, Kami cinta Padamu.

image

Ditulis di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.
Saat menunggu pesawat tujuan Luwuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s