Indonesia Mengajar · Inside Out

Alhamdulillah, Sadar

Selamat dini hari.. 🙂

Ingin sedikit bercerita di dini hari ini, dimana mata ini belum bisa terpejam.

Kemarin adalah hari dimana kami, Pengajar Muda IX bertemu dengan Wakil Presiden RI, Bapak Yusuf Kalla. Kami ke kantor beliau dalam rangka sowan dan pamitan sebelum diberangkatkan ke 7 kabupaten di Indonesia.

Di acara tersebut yang hadir diantaranya, Pak JK, Pak Anies Baswedan (Mendikbud), Pak Hikmat (Direktur GIM), para mitra GIM, dan tentunya PM angkatan IX.

image

Acaranya sangat ringan dan santai, hanya tanya jawab dengan pak JK. Acara berlangsung sekitar 2 jam. Pesan beliau,

Selamat berjuang, selamat mengabdi dan selamat mentransformasi. Berikanlah dampak yang baik tanpa harus merusak budaya lokal yang baik di daerah.

Malamnya, acara dilanjutkan dengan temu alumni PM dan relawan GIM di wisma Handayani. Acara tersebut bertujuan untuk brainstroming Festival Gerakan Indonesia Mengajar 2015 (FGIM). Kenapa? Karena FGIM 2015 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun  sebelumnya hanya diadakan di Ancol selama beberapa hari. Kalau FGIM 2015 diadakan di 17 Kabupaten penempatan PM selama satu tahun.

Ada beberapa relawan yang datang di malam itu. Jujur malam itu, saya tertampar oleh acara ini. Saya langsung merefleksikan diri. Kemana saja saya selama 2 tahun ini?? Sibuk dengan diri sendiri. Saya tahu ada Indonesia Mengajar tapi belum terpanggil untuk menjadi bagiannya. Padahal banyak aktivitas-aktivitas ringan yang mendukung gerakan ini.

Alhamdulillah, di tahun ini, saya tersadar untuk ambil bagian di dalamnya. Saya resmi menjadi Pengajar Muda angkatan IX yang akan ditempatkan di SDN 2 Sinorang, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Pesan buat para pembaca:
Ambillah bagian dari gerakan yang positif ini. Tidak harus menjadi Pengajar Muda kog. Banyak sekali wadah untuk ambil bagian. Bagi yang mau membagi inspirasi bisa bergabung di Kelas Inspirasi (www.kelasinspirasi.org), bisa ikut kepanitiaan FGIM 2015, bisa Iuran Publik (www.indonesiamengajar.org).

Masalah pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab semua Warga Negara Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s