Indonesia Mengajar

Journey of Indonesia Mengajar (Part I)

Hi teman-teman,

Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamin 🙂

Kali ini saya akan sedikit share tentang perjalanan menjadi Pengajar Muda (PM) di Gerakan Indonesia Mengajar (GIM). Di mana untuk tahun ini merupakan Pengajar Muda angkatan IX. Saya memutuskan untuk mendaftar sebagai Pengajar Muda. Being a part of GIM is one of my dream. Untuk bergabung menjadi PM, ada beberapa seleksi yang harus ditempuh oleh peserta. Seleksi pertama adalah seleksi adminitrasi. Seleksi ini dilakukan online berupa penilaian data diri, pengalaman komprehensif dan penulisan beberapa esai.

Saya ingat sekali ketika melakukan tes ini, saya masih berada di site salah satu proyek tempat saya bekerja. Maaf ya, saya menggunakan internet kantor untuk keperluan pribadi. Bukan saya tidak mau rugi atau curang, karena di lokasi tersebut tidak ada sinyal internet sama sekali. Jangankan internet, untuk sms/telfon saja susahnya minta ampun. *Curcol* 🙂 Jadi mau tidak mau, saya harus memakai internet kantor.

Untuk penilaian data diri dan pengalaman komprehensif seperti membuatcurriculum vitae. All about yourself. Mungkin yang membutuhkan waktu lama adalah pengisian esai, kecuali kamu udah membuatnya terlebih dahulu kemudian tinggal copy paste. Kalau saya pribadi, saya langsung membuatnya saat daftar tersebut. Sehingga saya selesai tidak satu hari langsung. Saya cicil satu persatu. Setiap hari saya membuat esai tersebut disaat jam istirahat. Sepertinya 3 hari baru selesai. hehehee 🙂  Jumlah esainya saya lupa. Saya tidak save soalnya. Saya kirim aplikasi pendaftaran pada tanggal 4 Mei 2014.

Singkat cerita, pagi ditanggal 3 June 2014, sesampai kantor, hal yang pertama saya lakukan adalah cek email. Ada yang urgentkah yang harus dikerjakan? Ternyata ada satu email dari Rekrutmen Indonesia Mengajar. Dan, isinya adalah..

IM I

Alhamdulillah. First step, done! Senang rasanya bisa lolos dari ribuan pelamar. Total yang lolos ditahap ini sebanyak 2oo-an peserta. Tahap selanjutnya adalahDirect Assessment (DA) yang akan diselenggarakan di Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan Makassar. Saya memilih untuk tes di Jakarta karena bertepatan dengan saya cuti.

Semoga dilancarkan sampai tes DA. Mohon doanya, teman-teman 🙂

NB: Tulisan ini dibuat dengan internet pribadi. Saat itu kantor sudah pindah di kecamatan. Jadi internet lancar ^_^

 

 

Leave a Reply

