Plesiran

Singapore, Biasa Aja tuh..

Apa kabar, teman?

Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

Seminggu yang lalu, saya baru saja berpetualang di negeri seberang, Singapura.This is my first time, I go there. Ini juga pengalaman pertama pergi ke luar negeri. Pasport masih perjaka ting-ting. Heehee 🙂

Saat itu, saya backpacker-an sendiri. Saya mendapatkan tiket promo lumayan murah dari JetStar Airlines. Saya berangkat tanggal 15 October dan balik ke Indonesia tanggal 19 October 2013. Perjalanan kali ini, saya siapkan dengan matang. Saya sudah membuat itinerary sampai budget yang dikeluarkan.

Kenapa memilih Singapura? Berdasarkan yang saya baca dari berbagai sumber, Singapura adalah Negara termudah & teramah untuk kalangan backpacker. Apalagi bagi backpacker pemula yang baru pertama ke luar negeri seperti saya.

15 October 2013

Saya sampai di Singapura, pukul 17:00 waktu setempat. Saya keliling bandara sebentar. Setelah puas, saya menuju Hostel Foot Print di daerah Little India yang sebelumnya sudah saya booking via online. Sesampai di sana, beres-beres barang, lalu mandi. Saya sudah ada janji untuk bertemu dengan teman BPI di Gardens by The Bay. Kita sie cuma di luarnya doang. Jadi lihat dari kejauhan kerlap kerlip lampu.

Gardens by The Bay, biasa saja. Bagus sie. Tapi kalau Indonesia mau niat buat tempat wisata kayak ginian mah bisa-bisa saja. Sekitar pukul 21:00 saya kembali ke hostel. Perjalanan saya didukung oleh MRT Singapura 🙂

16 October 2013

Perjalanan hari ini saya mulai dengan mengunjungi East Coast Park. Satu kata buat pantai ini, Jelek!! Dibanding dengan pantai yang ada di Indonesia, jauh banget. Pantainya kotor, kapal tanker lalu lalang, pemandangannya tidak ada. Anehnya, kita boleh mendirikan tenda tapi tidak boleh menginap. Lha terus mau disuruh ngapain? Ternyata kebanyakan cuma menunggu sampai matahari terbenam. Capek dehh!! Kalau bukan karena ketemu dengan teman, saya tidak akan kesana. Ini tempat juga tidak masuk itinerary saya.

Setelah itu, saya memutuskan untuk berkeliling Singapura sendiri. Sepertinya lebih menyenangkan. Dari East Coast Park, saya menuju Merlion Park. Katanya belum ke Singapura kalau belum foto di depan patung ini. Merlion ini menjadi ikon Singapura. Ya,, patung doang. Di Bali kan juga ada dengan GWK-nya 🙂

sgp 1

Selesai berfoto-foto ria, saya full keliling jalan Singapura, Esplanade, Raffles Statue, Boat Quay, China Town, Orchad Road, Bras Basah Road, Bugis. Saya hanya berkeliling saja. Dan itu biasa banget.

Malamnya, saya ke National Museum of Singapore. Begitu masuk ke dalam, ini mah museum biasa bangett. Ya layaknya museum-museum yang ada. Indonesia juga ada ini. Puas berkeliling, sebenarnya sie nggak puas juga, saya balik ke hostel.

17 October 2013

Hari ini saya keluar dari hostel agak siang. Tujuan saya ke Singapore Botanical Garden. Saya kelilingi taman yang punya luas 74 hektar tersebut. Yang paling suka sie, National Orchid Garden. Anggreknya bagus-bagus. Bagian lain dari taman ini, biasa juga. Indonesia juga punya Kebun Raya Bogor. Tidak jauh beda.

Dari situ saya menuju ke Esplanade dan Singapore Flyer. Sore itu saya habiskan waktu duduk-duduk sekitar esplanade. Saya sudah capek keliling Singapura. Sepertinya saya terlalu lama berada di sini. *gagal buat itinerary*

Malamnya, saya beranjak ke Clarke Quay. Menurut saya, tempat ini romantis. Lebih cocok kalau datang ke Clarke Quay dengan membawa istri. Saya suka suasana tempat ini. Duduk di pinggir sungai, sambil melihat orang berlalu lalang, lampu juga begitu terang. Ah, andai saja saya bersama pacar, eh, istri.

sgp 2

Dari Clarke Quay, saya ke Mustafa Centre. Saya ingin membeli oleh-oleh. Karena besok rencana saya full day akan di Pulau Sentosa. Tempat ini berada di sekitar Little India, dekat dengan hostel saya. Di sini dijual berbagai macam barang. Kalau ingin oleh-oleh souvenir Singapura seingat saya ada di lantai 2. Saya membeli beberapa cokelat dan gantungan kunci. Standar oleh-oleh 😀

18 October 2013

Its time to Universal Studio Singapore!!!! USS terletak di kawasan Pulau Sentosa. Pukul 09:00, saya sudah keluar hostel dan menuju ke USS. Saya sudah jadwalkan, satu hari full di Pulau Sentosa. Senang bisa puas mengunjungi 7 zona dan hampir mencoba semua wahana di USS. Kemudian juga menyaksikan life show performance. Oh ya, saya tidak pernah berada dibarisan antri saat berada di wahana-wahana yang antriannya bejibun. Saya ikut yang single traveler. Jadi sering diikutkan tempat-tempat yang tersisa. Saya pikir sie tidak masalah ya, toh juga tidak kenal. Jadi saya masih bisa menikmati semua wanaha yang ada.

sgp 3

Kalau saya pikir-pikir sie, sebenarnya Indonesia juga bisa membuat wahana seperti ini. Kalau ada dana mah, semua bisa-bisa saja. Bener tidak? 😀

Malamnya, saya membeli tiket Song of The Sea. Ini juga bagian yang paling saya suka. Indah!! Drama musical di pinggir pantai dengan perpaduan antara video mapping dan permainan air mancur. Durasi pertunjukan ini sekitar 1 jam.

sgp 4

Setelah pertunjukan selesai, saya balik ke hostel.

19 October 2013

Hari ini adalah jadwal saya pulang ke Surabaya. Kecerobohan saya dimulai hari ini. Saya ketinggalan pesawat dikarenakan salah lihat jadwal. Padahal uang di dompet tinggal sedikit, tidak cukup membeli tiket baru. Alhasil, saya terpaksa menggesek kartu ATM saya di sana. Jangan tanya deh kurs-nya. Lumayan euy. Saya pulang ke Jakarta dengan menggunakan Lion Air. Saya mendarat di Bandara Soetta sekitar pukul 21:00 dengan membawa penyesalan tiket saya yang hangus tak bersisa. Hahahaaa 😀

Inti dari perjalanan ini:

1. Singapura biasa saja. Saya hanya kagum dengan kebersihan kotanya dan transportasinya yang bagus.
  2. Kota wisata Indonesia jauh lebih bagus ketimbang Singapura. Indonesia lengkap, ada pantai, gunung, sungai, air terjun, dan lain-lain. Indonesia memang top!!
  3. Jangan sampai salah melihat jadwal tiket pesawat. Akibatnya bisa fatal 🙂

Demikian cerita tentang Singapura. Saya sie tidak ingin ke sana lagi. Semoga bermanfaat!!